--------- HALLO!!-------- ------SELAMAT DATANG----- Di BLOG T.ELEKTRO D40011---- SEMOGA ANDA NYAMAN DENGAN BLOG KAMI- ^,^"
Teknik Elektro D40011: 5 Kiat Atur Waktu Agar Tugas Lancar

Minggu, 23 Oktober 2011

5 Kiat Atur Waktu Agar Tugas Lancar


Bagi pekerja kantor yang sibuk, waktu ibarat benda hidup yang selalu mengejar-ngejar Anda. Seringkali tugas tidak terselesaikan secara maksimal karena diburu-buru waktu. Hal ini salah satunya disebabkan kurangnya kemampuan Anda dalam mengatur waktu. Untuk mengantisipasinya, perhatikanlah kiat-kiat berikut ini:

 
1. Kerjakanlah tugas Anda sesuai dengan prioritas. 
Jika tugas Anda cukup banyak, susunlah tugas tersebut sesuai dengan skala prioritas. Bisa dimulai dengan mengerjakan tugas yang tersulit hingga yang termudah atau sebaliknya, sebaiknya sesuai dengan cara Anda bekerja. Jangan lupa kerjakanlah tugas tersebut dengan irama yang pas, tidak terlalu lambat atau cepat.

     2. Perkirakanlah berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikan tugas.

Selain itu, aturlah waktu yang tepat untuk memulai tugas tersebut. Dengan kedua hal ini, Anda akan bersikap realitas terhadap rencana dan tugas-tugas. Jangan lupa, Anda juga perlu mempertimbangkan kemampuan Anda dan tim dalam menyelesaikan tugas tersebut.

        3. Jangan terlalu terpaku pada lama waktu yang Anda rencanakan untuk mengerjakan suatu tugas. 
Jika Anda merencanakan untuk menyelesaikan tugas dalam waktu dua jam, misalnya, maka jangan terpaku untuk menyelesaikannya dalam waktu tersebut. Akan jauh lebih baik jika Anda berusaha menyelesaikannya dalam waktu yang lebih cepat. Dengan demikian Anda dapat segera beralih ke tugas yang berikutnya.

         4. Kerjakanlah tugas dengan disiplin diri yang baik.
Kerjakanlah tugas sesuai dengan skala prioritasnya. Usahakanlah agar Anda tidak tergoda untuk melakukan hal-hal yang kecil, seperti browsing internet yang tidak berhubungan dengan pekerjaan Anda. Setelah tugas selesai dikerjakan, pastikan tak ada bagian yang tercecer baru kemudian beri waktu bagi diri Anda sendiri beristirahat sejenak untuk melonggarkan pikiran.

         5. Salah satu hal terpenting dalam mengatur waktu adalah dengan bersikap efisien. 

Hal ini sama dengan bersikap mudah dan berpikir praktis. Anda tak perlu menghabiskan waktu untuk berpikir rumit tentang bagaimana cara mengerjakan tugas. Intinya, jika suatu tugas dapat dibuat sederhana, mengapa harus dibuat sulit. Dengan bersikap efisien, tugas akan lebih mudah diselesaikan dan Anda akan mendapatkan lebih banyak waktu lagi untuk menyelesaikan tugas yang berikutnya.

Selanjutnya tinggal santai... hhehe..

^,0)" to http://gudangsolusi.blogspot.com/2009/03/5-kiat-atur-waktu-agar-tugas-lancar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar