Mungkin, mulanya cuma iseng. Kini, Yahoo meraup keuntungan puluhan juta
dolar. JERRY yang dan David Filo ketika pertama kali, April 1994,
meng-on line-kan Yet Another Hierarchical Olficious Oracle (Yahoo) di
Internet mungkin belum menyadari kalau upayanya itu akan mendatangkan
keuntungan yang mencengangkan. Dibisniskan setahun kemudian, salah satu
site alat pencari (search tools) itu memang paling beken di kalangan
pengakses Internet. Karenanya, walaupun bisa diakses secara gratis,
berkat iklan yang terpasang, keuntungan yang diperoleh terus meningkat
setiap tahun.
Kini, Yahoo Inc. (Nasdaq: Yhoo) pada kuartal kedua yang berakhir 30
Juni 1997 saja sudah meraih pendapatan total US$ 1 3,520 juta. Padahal,
sampai akhir 1995, penghasilan yang diperoleh baru US$ 1,4 juta,
meningkat secara drastis menjadi US$ 19,1 juta pada akhir 1996.
Pendapatan itu berkat meningkatnya pemasang iklan, yang pada akhir 1995
baru 55 buah, menjadi sebanyak 550 pada akhir 1996. Para pemasang iklan
tahu: pengakses Yahoo selalu bertambah. Lihat saja: data Februari 1996,
baru enam juta per hari (page views); akhir tahun yang sama sudah
melonjak menjadi 20 juta.
Bicara angka yang meningkat tajam pada perusahaan yang didirikan
Jerry Yang, keturunan Taiwan, yang lahir dan dibesarkan di San Jose,
California, Amerika Serikat (AS), itu seperti tidak berkesudahan. Ibarat
pembaca koran, jumlah pengunjung Yahoo, yang Maret lalu masih 30 juta
per hari, akhir Juni lalu sudah melonjak lagi menjadi 38 juta. Jumlah
itu tentu saja mendudukkan Yahoo menjadi perusahaan petunjuk dan pencari
data melalui layanan Internet terbesar di dunia dalam enam kuartal
terakhir. Pengguna jasa terbesar Yahoo adalah para pemilik komputer di
AS, 37,2 persen.
Kemampuannya mungkin baru bisa disusul perusahaan
sejenis, seperti Excite Network dan Lycos.
"Perkembangan dan peningkatan frekuensi penggunaan Yahoo selama
kuartal kedua tahun ini terus meningkat dengan menakjubkan," kata Tim
Koogle, Direktur Utama Yahoo, kepada majalah Fortune. Yahoo, kata Tim,
berupaya terus untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas layanan kepada
konsumen.
Selain jasa layanan petunjuk mencari data, kini Yahoo pun menambah
jalur layanan baru, mulai dari layanan keuangan, layanan akses, sampli
ke layanan traksaksi perdagangan antara lain layanan pemesanan tiket
dari berbagai biro perjalanan.
Perusahaan media Internet yang menawarkan layanan jaringan kerja
secara global itu, selain memberikan jasa lalu-lintas informasi, iklan,
dan informasi kebutuhan rumah tangga, juga mulai masuk ke layanan jasa
masyarakat, termasuk iklan baris dan petunjuk telepon (Yellow Pages).
Masuk Netscape
Jerry dan David yang mendapat gelar philosophiae doctor dari Jurusan
Teknik Elektro Universitas Stanford itu memiliki ide mengembangkan
sistem Yahoo ketika keduanya mulai berminat untuk mengutak-atik layanan
Internet. Ketika itu, keduanya menemukan, pencarian informasi dan data
melalui jalur Internet terlalu panjang dan bertele-tele, sehingga
menyulitkan penggunanya. Karenanya, muncullah idenya untuk
menyederhanakan sistem petunjuk dan penuntun mencari data itu melalui
sistem yang ia kembangkan dan diberinya nama Yahoo!.
Melalui Yahoo, para pengguna Internet akan mendapatkan cara yang
semakin sederhana dan efisien untuk mencari data dan informasi yang
diperlukan, terutama dalam hal mengindentifikasi masalah maupun untuk
memilih artikel informasi yang dikehendaki.
Perusahaan yang sejak 17 April 1996 masuk ke lantai bursa dengan
harga penawaran perdana US$ 8,6 per saham itu kini memiliki karyawan
sekitar 239 orang. Penghasilan utamanya sendiri berasal dari layanan
iklan, mulai dari banner di layar Internet Yahoo, pesan sponsor, sampai
kata-kata kunci iklan dari pemasang iklan.
Pengembangan Yahoo juga tidak terbatas di AS saja. Kini, perusahaan
yang bermarkas besar di Santa Clara, California, itu selain memiliki
Yahoo di sejumlah negara Eropa, seperti Jerman dan Prancis, juga di
Jepang dan Korea yang ditulis dalam huruf setempat. Site yang
menggunakan alamat http://www.yahoo.com itu akan menghadirkan Yahoo di
Asia Tenggara, di Singapura, bekerja sama dengan perusahaan Sembawang
Media Pte. Ltd.
Dari segi isi, Yahoo juga mengembangkan sedikitnya dua jenis yang
berbeda: Yahooligans!, ditujukan untuk anak remaja; dan Beatrice's Web
Guide (http://www.bguide.com), ditujukan untuk kaum perempuan.
Namun, keberuntungan Jerry dan David tentu saja tidak bisa dilepaskan
dari jasa Marc Andreessen, penemu jasa layanan Netscape Communications.
Awal tahun 1995, Andreessen menawarkan Filo dan Yang agar memindahkan
arsip dan sistem perangkat lunah yang ditemukannya itu masuk ke
fasilitas komputer yang lebih besar di Netscape. Setelah on line melalui
Netscape, jaringan komputer milik Stanford ketika itu kembali berjalan
normal. Ternyata, masuknya sistem Yahoo melalui jaringan Netscape
menguntungkan kedua belah pihak, baik Marc Andreessen ataupun
Jerry-David. Jaringan dan layanan Netscape semakin luas dan efisien,
sementara sistem layanan perangkat lunak Jerry dan David bisa diakses
melalui Netscape.
Jerry Yang Chih-Yuan (lahir 6 November 1968) adalah usahawan
Amerika-Taiwan, pengusul bersama Yahoo! Inc dengan David Filo, serta
Ketua Pegawai Eksekutif untuk serikat tersebut. Ia juga merupakan salah
satu dari dua Ketua Yahoo! dan pengarah lembaga syarikat.
Dilahirkan di ibu kota Taipei, Taiwan pada 6 November 1968, Yang
pindah ke San Jose, California pada usia sepuluh tahun, bersama ibu dan
saudara lelakinya. Ayahnya meninggal ketika Yang berusia dua tahun. Dia
mendakwa bahwa walaupun ibunya merupakan seorang guru Inggris, dia hanya
tahu satu perkataan Inggris ketika berpindah ke Amerika. Menguasai
bahasa Inggris hanya dalam tiga tahun, dia kemudiannya diletakkan dalam
kelas Advanced Placement Program (AP).
Yang menamatkan Sekolah pertengahan Sierramont, dan Sekolah Menengah
Piedmont Hills, dan seterusnya menerima Ijazah Sains (B.S.) dan Ijazah
Lanjutan Sains (M.S.) dalam jurusan elektrik dari Universitas Stanford,
di mana dia merupakan ahli fraterniti Phi Kappa Psi.
Ketika belajar dalam Jurusan Eletrik di Universitas Stanford, dia
bersama David Filo pada April 1994 halaman Internet yang terdiri dari
panduan kepada halaman web lain yang dikenal sebagai "Jerry's Guide to
the World Wide Web". Ia dinamakan sebagai Yahoo, backronym bagi "Yet
Another Hierarchical Officious Oracle", tetapi Yang dan Filo bertegas
bahwa mereka memilih nama tersebut karena mereka suka definisi umum
yahoo: "kasar, ringkas, tidak terurus". Yahoo menjadi amat popular, Yang
dan Filo menyadari potensi perniagaan dan bersama menumbuhkan Yahoo!
Inc. pada April 1995.
Yang menikah dengan Akiko Yamazaki, yang dibesarkan di Costa Rica.
Dia merupakan lulusan Universitas Stanford dengan ijazah dalam jurusan
industri. Dia bertemu Akiko Yamazaki dalam program luar negara Stanford
di Kyoto pada 1992.
Yang kini merupakan ahli Lembaga Pengarah bagi Alibaba, Asian Pacific
Fund, Cisco dan Yahoo! Jepang, dan juga Lembaga Amanah Universitas
Stanford.
Pada February 2007, Jerry Yang dan isterinya menjanjikan USD $75 juta
kepada Universitas Stanford, alma mater mereka, sebagian besar darinya
akan diperuntukkan bagi membangun bangunan alam sekeliling baru di
kampus.
Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan
yang bernama Yahoo! Inc. yang dirintis oleh oleh David Filo dan Jerry
Yang. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman
buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni
Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke
luar kota karena cuti besar.
Dua mahasiswa teknik tersebut mempunyai sedikit pekerjaan yang harus
dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu
lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang
dikelompokkan berdasarkan subyek.
Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja
membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat
memberikan hasil secara online.
Koleksi bookmark tersebut, sekarang dikenal sebagai Yahoo!, menerima
sejumlah 80 juta pengunjung setiap bulan (sensus tahun
2000). (fn/tm/w2k) www.suaramedia.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar